Minggu, 09 Oktober 2011

TANGGA; Awal Sebuah Langkah


TANGGA; Awal Sebuah Langkah
Oleh : Tofik Hidayat (ketua umum GAMMA)

Di Balik Layar TANGGA
Tau nggak? Baru-baru ini GAMMA baru aja ngadain acara loch,, tau acaranya apa?? Jreng,, Jreng,, Yupz bener banget, “TANGGA………”. TANGGA merupakan singkatan dari TA’aruf bareNG GAMMA. Tau nggak nama TANGGA ini didapet dari mana?? (yang jelas bukan dapet nyolong yah.. :), nama TANGGA ini sebenernya didapat dari ilham sesosok peri kedamain yang berfikir amat mendalam, sampai-sampai dia ampe ketiduran deh,, (hihi,, lebay), tapi dengan kerja kerasnya dia terus berfikir (walaupun sempet ketiduran) ampe berlarut-larut dan akhirnya tercetuslah ide buat ngasih acara ini dengan nama TANGGA. Keren kan namanya?? (iya aja deh,, kasian yang bikinnya,hoho..). Perlu diketahui bahwa peri kedamaian itu peri yang sangat baik hatinya, penyayang, santun, asyik, ramah, cantik dan pinter ngasih saran, tapi suka mewek juga c,, Tau siapa dia?? Taraaammm... dia adalah ka Ika Risqi Citra Primavera (panjang bgt ya namanya..) atau biasa dipanggil ka Cicit. Ka Cicit inilah yang ngusulin nama acara ta’aruf GAMMA kita itu TANGGA. Ka Cicit juga yang ngasih tema buat acara TANGGA ini, udah pada tau kan temanya apa?? (yoyoy...) “The Power Of GAMMA, The Power Of Phisycs”. Top deh buat ka Cicit,, lanjutin ka tidurnya , eh maaf,, maksudnya berfikirnya (komputernya error ni),hehe..
Acara TANGGA ini terbilang amat spesial loh (hihi,, kaya mie telor aja) pasalnya acara yang digawangi anak-anak GAMMA ini merupakan acara perdana GAMMA yang diadain diluar kampus plus nginep pula (Wuih...  keren yah..). Lebih kerennya lagi, ini adalah acara yang pertama kalinya diadain oleh anak-anak Mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika, sebelum2nya si yang kayak gini gak ada tuch di prodi manapun (hhh,, sombong tingkat tinggi ni). Memang tahun sebelum sebelum sebelum sebelum sebelum sebelumnya (maaf kasetnya kusut,,) kita belum bisa buat ngadain acara segede ini soalnya waktu itu kita belum kebentuk komunitas seperti sekarang ini, tapi untunglah sekarang kita bisa kebentuk komunitas yang namanya GAMMA (Gabungan Mahasiswa Muslim Fisika), suatu komunitas Mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika yang mewadahi segala kreativitas mahasiswa Pendidikan Fisika, contohnya kaya acara TANGGA ini. Dan ini ngebuktiin bahwa kalo ternyata Mahasiswa Pendidikan Fisika gak cuma pinter ngutak-ngatik rumus aja tapi pinter juga dalam ngurusin bidang sosial lainnya (ckckck subhanallah kuadrat deh..).
Oia.. acara TANGGAnya sendiri dilaksanain hari sabtu-minggu tanggal 24-25 September 2011 di Yayasan Tebar Iman (YTI) Cipayung. Disana kita nginep satu malam. Acaranya pokonya eru anget eh... (ups,, maksudnya seru banget deh,, komputernya error lagi ni,hihi..). sampe-sampe diikutin oleh ribuan peserta dari berbagai golongan, 46 peserta maba dan sisanya..... (hihihihi,,,). Kk2 kelas, Pak Dosen sama Bu Dosen juga dateng loch!! Ada Pak Iwan Permana, ketua Prodi kita, Fisika (makasih Pak Iwan udah dateng), ada Bu Erina (makasih bu udah nyempetin bwat hadir) terus ada Bu Kinkin juga (makasih juga bu udah mau bagi-bagi ilmunya). Bahkan Bu Kinkin pulang ampe larut malem loch saking serunya ngeliat acara TANGGA,hehe... Acara TANGGA sendiri sebenarnya bertujuan buat ajang ngenalin diri bagi sesama maba prodi fisika biar lebih akrab sesama maba dan sama kaka2 kelasnya, tujuannya  biar gak ada lagi kesenjangan strata sosial antara kaka kelas sama adik kelasnya atau ada senioritas-junioritas gitu (siipp... dech...). Selain itu, acara TANGGA juga bertujuan buat ngenalin daleman prodi fisika itu kayak gimana dan tentunya ngenalin GAMMA ke maba prodi fisika ampe kedaleman-dalemannya (promosi dikit,,). Itu kata pak ketapel yah,. Acara TANGGA ini merupakan program kerja dari GAMMA sendiri dari Departemen Bidang Kemahasiswaan, insyaallah acaranya gak cuma tahun ini aja tapi bakalan jadi agenda rutin tiap tahunnya (Bismillah bisa,, J).
Bdw siapa ya ketapelnya??,, udah pada tau??.. dia tuch yang kata mabanya punya kulit putih, badan semampai, hidung sipit, mata mancung kebirubiruan (ich,, komputernya error lagi, maksudnya hidung mancung, mata sipit, maaf ya..) siapa dia??.. eng ing eng,, ye bener,, ka Baihaki Ari Nugraha atau biasa dipanggil ka Bai (jangan terbang ya ka,,), ka Bai inilah yang merumuskan acara TANGGA awal ampe akhir dibantu sama sekretnya ka Ita dan sama temen2 fisika lainnya (temasuk penulis,hho..) hingga acaranya ampe sukses kayak gini. Ka Baihaki juga yang jadi kordinator Departemen Bidang Kemahasiswaan, jadi semua yang berbau-bau dengan mahasiswa yaa kerjaannya ka Baihaki ini sama empat anggotanya (tapi bukan bau badan loch..), termasuk bantuin maba pada saat registrasi ulang masuk UIN. Keren kan ka Bai?? (Eh,, tapi gak cuma ka Bai doang ding yang keren, semua anak fisika emang keren2, cayooo..). Terlaksanainnya acara TANGGA ini semuanya pasti ngerasa seneng baik peserta maupun panitia, Soalnya acara yang udah direncanain berbulan-bulan lamanya ini dari bulan Agustus ampe September, akhirnya bisa terlaksana juga tanggal 24 September kemarin (siiiippp dech...). semangat semuanya.
Ada Yang Seneng, Ada Yang Cemberut, Ada Juga Yang Nangis.
Acara TANGGA kemarin emang sulit banget buat dilupain bahkan lebih sulit dari ngelupain si dia (siapa tuch???,hihi..). Banyak kenangan indah yang pastinya akan terus teringat ampe nanti kita udah punya cucu (jauh amat mikirnya ampe punya cucu sgla,,hahay..). Begitulah kenyataannya hingga cerita ini sulit dilukiskan dengan setangkai kata-kata (emang ada yah setangkai kata2??, yang nulis mulai error ni..). Awal hingga akhir penuh dengan kesan yang tak terlupakan dan pesan yang penuh makna. Dimulai dari persiapan keberangkatan ampe persiapan kepulangan, semuanya tercatat begitu indahnya dalam rekaman memori kita (berle bgt euh...). Kalo kita inget2 lagi acara TANGGA kemarin, pastinya gak bakalan cukup waktu dech buat kita ceritain lagi, pasalnya semua acaranya seru buanget dech buat diceritain lagi (masa xi??…), jadi gak bakalan cukup waktu buat kita ceritain semuanya. Namun ada sepotong bagian yang patut buat kita certain lagi (yang mana ya???) dan pastinya kita yang dengerin gak bakalan pernah bosen buat dengerin ampe Giga lagi..  J
Api unggun. Yupz.. ini adalah acara yang paling menarik buat kita bahas, soalnya banyak kejadian2 yang pastinya bakalan terkenang terus ampe kurus (huhu,, pas bgt buat yang mau diet,hehe..). Pada saat acara api unggun, semua peserta diwajibkan buat nampilin pentas seni, padahal persiapannya cuma setengah jam doang loch,, tapi dengan keterbatasan waktu yang ada mereka berhasil buat nampilin aksi yang memukau pandangan setiap mata. Pokonya gak kalah deh sama pentas seni yang ada dimana tuch yang ada di Ausi??,, di gedung opera house (hh,, pernah liad juga nggak,,). Pokonya macem2 deh pentas seninya, ada yang sok ikut2n jadi Chairil Anwar jadi tukang baca puisi gtu, ada yang jadi sinden, ada yang jadi Mas Opick, bahkan Mamah Dedeh juga ada loch,, (wah jadi curhat2an ni, curhat dong mah...). Sstt,, disini juga ada yang jadian loch!!! (ha???..). Ternyata ka Depi ada yang nembak (wit wiw.,,). Gak malu2 lagi Vhian anak maba yang baru kenal kemaren langsung nembak ka Depi aja. Dalam puisi yang super romantis Vhian say “wahai gadis manis,, sudikah kiranya kau menjadi pacarku??”. Ka Depi dengan senangnya menjawab “ku trima kau dengan bimillah..” (cie,,, yang baru jadian. Krrrrrrrr...). Ternyata pada waktu itu gak cuma ka Depi doang loh yang ditembak,, ka Hayatul juga kena tembak (cie,, ka Atul udah gak jomblowati lagi ni...), lebih parahnya lagi ka Rifqi sama ka Tofik juga ditembak (heu,, ckckck,, genit ih,,). Ketika semuanya pada seneng dengan kejadian itu, Eh,, ternyata ada yang cemberut (knp yah???), tuch,, ka Amay gak ada yang nembak (hhhh,,, kasian bgt dech ka Amay,,). Mungkin karena itu juga pas acara jurit malem ka Amay jadi marah2 (kasian bgt ka Amay, padahal kan nembak ini kan cuma bohongan,ckck,,). Acara api unggun pun ditutup dengan bernyanyi bersama. Semua keceriaan nampak dari raut muka semua peserta maupun panitia (ka Amay masih cemberut gak yah,hoho...). Acara api unggun berjalan dengan semarak walaupun tim perapian sempet kewalahan buat nyalain api unggunnya biar tetep nyala. Tetapi dengan semangat, mereka terus berusaha menjaga api unggun hingga acara berakhir (top markotop buat tim perapian,,,).
Jurit malam. Lagi enak-enaknya tidur semua peserta maba dibangunkan ditengah kegelapan heningnya malam. Walaupun rasa dingin menyelimuti badan, rasa ngantuk menyerang, rasa takut menghantui, mereka tetap jalankan dengan penuh semangat. Mereka dikumpulkan disuatu tempat untuk mengikuti acara selanjutnya yaitu acara apa??, Yongkru,, “jurit malam”. Setiap kelompok harus melewati pos demi pos. Ada enam pos yang harus mereka lewati. Setiap pos harus mereka lalui dengan menjawab pertanyaan yang diajukan oleh kaka2 penjaga posnya.  Kalo gak bisa jawab... sret,, sret,, goresan blau menerjang pipi manis mereka (waduh,, jadi kyak ABRI dong!!). Pokonya acaranya seru bgt dech. Selain di sret,, sret,, pake blau,, mereka juga dikerjain sama kk2 penjaga posnya. Ada yang disuruh nyari semut lah, ada yang disuruh bawa2 ranting pohon lah, ada yang disuruh bawa daun pisang kering lah, dan ujung2nya pasti di omelin2 juga (huh,, dasar kk2nya...). Yang paling seru buat diceritain nih adalah di pos enam (dg tidak mengurangi rasa seru di pos2 lainnya yah,,). Semua peserta kena omelannya ka Amay, ka Ita, ka Tofik, sama ka Bai (klo ka Amay mungkin dendam kali krna gada yang nembak, gak nyngka ya.. hihi..). Kelompok pertama habis sudah diomel2in sama kk di pos enam ampe matanya merah2 mau keluar air mata (kasian bgt kelompok pertama..). Bahkan dikelompok lima ada peserta yang ampe nangis loch di omelin sama ka Amay krna gak bisa jawab pertanyaan (iihh,, ka Amay..). Memang di pos terakhir ini semua peserta pasti kena cacian dan makian, krna pos enam ini adalah pos uji mental. Tujuannya biar maba yang baru masuk bisa kuat, tahan banting sama cobaan yang nantinya bakal mereka hadepin. Gak cuma itu aja, mereka juga diuji nyalinya biar nanti kalo nerusin GAMMA gak ada lagi mental tempe, tapi yang ada mental baja semua. Makanya kita kalo jadi mahasiswa harus siap lahir dan batin soalnya bakalan banyak bgt cobaan yang bakalan kita hadapi dan pastinya nguras tenaga dan fikiran, jadi kalo mentalnya mental tempe gak bakalan sanggup deh ngejalanin ini semua, apa lagi kalo harus ngelanjutin perjuangan GAMMA, yang ada malah nangis, mewek, marah, sentak sengor, heu... Jadi pas bgt deh kita ngadain acara jurit malam ini. Saking asyiknya acara jurit malam ini hingga tak terasa waktu sudah nunjukin jam 5 pagi, maka acara jurit malam pun diakhiri terus dilanjutin solat subuh bersama. Acara jurit malam terlaksana dengan suksessss....
Outbond. Kalo acara ini, acara buat seru-seruan. Tapi gak cuma seru-seruan aja xi tapi ini juga buat ngelatih kalo kebersamaan itu emang penting. Soalnya pas acara ini dibutuhkan kerja sama yang emang bener2 dari masing2 kelompok. Contohnya kayak angkat batang bamboo sama2, masukin paku ke botol tanpa lihat botolnya, terus ngelepasin iketan tangan tanpa mutusin tali. Semuanya dibutuhkan kerja sama dari masing2 kelompok. Kalo gak ada kerja sama, kayaknya gak bakalan deh buat yang namanya berhasil. Jadi ini juga harus kita lakuin disetiap kehidupan kita sehari-hari, kerja sama!! (tapi bukan pas ulangan yah..). Oia,, sebelum outbond kita juga ada olah raga bareng, senam bareng, dan pokonya bikin kita seger lagi dech, ngelupain peristiwa semalem. Acara outbond ini buat suasana tambah ceria, jadi nambah akrab semuanya (wuih,, wuih,, keren abizzz...).

Divisi Kerepotan
Nih,,, kalo dibagian ini kita bakalan ngebahas panitia, dari panitia yang kerjaannya nyantai2 ampe panitia yang kerjaannya super sibuk. Ups,, ternyata di acara ini gak ada tuh panitia yang kerjaannya nyantai2, semua panitia kerjaannya super sibuk dari mulai promosi, ngonsep acara, siapin tempat, ampe siapin2 lainnya. Untunglah kita udah sedikit paham tentang organisasi, jadi semua panitia udah pasih apa yang mereka mesti lakuin. Mungkin ini adalah salah satu hikmah bagaimana kita harus hidup berorganisasi, biar kerjanya gak capek (udah paham kan bagaimana pentingnya organisasi??). Tapi kalo kita ngomongin siapa panitia yang kerjaannya paling sibuk pasti kita stuju kalo jawabannya itu divisi konsumsi. Yong,, yong,, divisi konsumisi nyiapin semua konsumsi buat peserta sama panitia. Maklumlah kita makan empat kali (wah,, kenyang2 dah tuch,,) liat aja pulang dari Cipayung badannya tambah gemuk2 kan??(kayak ka itu tuh,,,). Siang, malem, sore, pagi, semua divisi konsumsi yang siapin. Lebih repotnya lagi kita pesen ketring cuma satu kali dan sisanya divisi konsumsi yang masak sendiri siapin buat 96 orang (kebayang gak tuh repotnya kayak gmn??,,). Divisi yang dikordinatori sama ka Obi ini udah berhasil laksanain tugasnya dengan baik, ngempanin sebanyak 96 orang (kayak ayam aja di empanin,,,). Salut deh buat divisi konsumsi. Kalo ngomongin makanannya gimana, udah pasti deh top markotop pokonya lebih enak dari makanan yang ada di hotel bintang Sirius,hehe.. Jadi pengen makan. Heuh...
Oiah,, kita juga jangan lupain divisi logistik, soalnya divisi ini yang nyiapin semua peralatan buat masak, dari mulai jemputin dari rumah ampe balikin lagi ke rumah (hmm,, capek deh pokona..), kalo gak ada divisi ini, kyaknya divisi konsumsi gak bisa masak tuch, kalo gak masak, wah.. kelaperan dech.. Divisi ini juga yang udah nyiapin kayu bakar buat api unggun hingga acaranya ampe selesai. Buat divisi konsumsi sama logistik pokona top abizzz deh buat kalian. Tapi secara keseluruhan buat semua panitia acara TANGGA, semuanya emang keren2 dech.. (kalo ini Tera subhanallah bgt,,,).
Awal Sebuah Langkah
Acara TANGGA tanggal 24 september kemarin, memang berjalan sangat suksezz. Tapi ini semua bukanlah akhir dari perjuangan kita. Justru ini adalah langkah awal kita dalam membangun GAMMA yang lebih baik. Banyak hal yang harus kita perbuat. Event-event yang jauh lebih besar telah menunggu uluran tangan dan semangat kita. Tidak ada kekuatan yang jauh lebih besar dari dalam diri kita kecuali “SEMANGAT”. Jadi bergegaslah kawan, persiapkan diri kita dengan penuh semangat untuk membuat ledakan yang jauh lebih dahsyat dari ledakan supernova, jauh lebih cemerlang dari bintang Sirius, dan jauh lebih kuat dari gaya gluon. Amin ya Allah..
Suksesnya acara TANGGA kemarin membuktikan bahwa kita mahasiswa Fisika mampu untuk membuat gebrakan yang membuat orang disekitar kita tercengang. Gak cuma pandai ngurusin rumus aja tapi juga cerdas dalam ngurusin organisasi. Memang ini adalah harapan kita semua dengan terbentuknya GAMMA seperti sekarang ini. Sekarang tinggal kita pilih, apa kita hanya ingin berdiam diri saja melihat orang lain dengan kejayaannya??, atau,, apa kita sendiri yang mau bergerak menjemput keberhailan kita???. Hanya diri kita yang bisa memilih. Ingatlah!! hidup adalah pilihan, hidup kita sekarang adalah pilihan kita dimasa lalu, dan hidup kita nanti adalah pilihan kita dimasa sekarang. Sekarang,, jalan lurus telah terbentang lebar, menunggu manusia yang berhati mulia untuk melewatinya. Bersiaplah kawan untuk menempuh jalan lurus yang masih panjang didepan kita. Perjalanan ini adalah awal sebuah langkah untuk membangun kesuksesan. SEMANGAAATTTTT....



4 comments:

  1. keren tapi kkok agak ber -lebay-an yah....
    heheh

    BalasHapus
  2. klo bisa gamma mulai di jadiin UKM .. ya atau gak di sah kan sama rektor supaya jadi organisasi yang sah,,, jd klo mau ngadain acara di dalem kampus lebih mudah
    :)

    BalasHapus
  3. semoga tahun depan lebih sukses lagii......... semangat GAMMA.........!!!!!!!!:X ;)

    BalasHapus
  4. untuk menjadi UKM harus melalui proses yang kompleks. kemungkinan besar tidak bisa. mungkin GAMMA lebih tepatnya organisasi ikatan alumni dan mahasiswa fisika. atas dasar inilah GAMMA memiliki payung hukum dibawah ikatan alumni IPA-FITK yang secara resmi diakui oleh universitas. semoga ditahun-tahun mendatang GAMMA akan lebih maju , mencetak generasi fisika yang soleh dan solehah. mencetak para Fisikawan muslim sejati...amiin

    BalasHapus

berikan komentar anda